Minggu, 16 Desember 2012


Arti Tetes air mata

Pernahkah sahabat menangis? Atau melihat anak kecil merengek kepada ibunya?
Ternyata ada satu persamaan di dalam tangisan orang dewasa dengan tangisan anak-anak, yaitu keduanya sama-sama mengeluarkan AIR MATA dalam tangisnya. Terkadang air mata dianggap remeh, dianggap hanya merupakan butiran tanpa manfaat yang keluar begitu saja dari dalam mata kita. Jika mata terasa perih, air mata juga akan keluar dengan sendirinya. Tapi…benar gak ya kalau air mata itu gak bermanfaat? Mungkin gak ya air mata itu ternyata punya peran penting buat manusia? Mau tau jawabannya? Yuk kita simak bersama, saya akan berbagi sedikit tentang manfaat air mata…
Cekidot..
Suatu hari air mata berkata pada mata manusia : “Hai mata…Kamu sedang apa? Emh, kelihatannya kamu sedang meredup. Kenapa?”. Lalu sang mata berkata : “Hai juga air mata. Iya nih, aku merasa pedih, rasanya ada debu yang mengotori aku. Apa kamu bisa membantu aku?”. Sang air mata pun menjawab : “Oh, tentu saja aku pasti akan membantu kamu. Aku kan kuat, aku juga sahabat setia kamu. Aku tidak akan membiarkan kamu merasa kekeringan, aku juga akan menetes keluar sambil membawa debu yang mengotorimu pergi jauh darimu. Dengan begitu, kamu akan selalu bersih dan terlihat cerah”.
Wah, dari drama singkat itu, kita dapat menyimpulkan bahwa air mata ternyata adalah sahabat setia mata. Karena, air mata memiliki fungsi antara lain :
1.    Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur.
2.    Air mata juga berfungsi sebagai antibakteri alami. Di dalam air mata terkandung cairan yang disebut dengan lisozom yang dapat membunuh sekitar 90% - 95% bakteri-bakteri.
3.    Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi, mengandung 24% protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.
4.    William Frey telah melakukan beberapa studi tentang air mata dan menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun. Tapi jangan salah, itu menandakan bahwa ia membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat mata.
5.    Air mata ternyata juga mengeluarkan hormon stres yang terdapat dalam tubuh yaitu endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin. Selain menurunkan level stres, air mata juga membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar